«

»

Dec
30

Bagaimana cara menyimpang ban yang benar?

Salah perlakuan dalam menyimpan ban bisa membuat umur dan kondisi ban lebih cepat rusak. Apalagi seperti teman2 yang sering meninggalkan motor/mobil di rumah dalam waktu lama. Makanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama hindari kontak langsung dengan matahari. Karena bisa menghilangkan antioksidan dipermukaan ban yang membuat ban lebih cepat pecah-pecah atau retak-retak.

Bila ban masih menempel sebaiknya sepeda motor/mobil disimpan di dalam rumah. Tapi kalau terpaksa harus meninggalkannya di alam terbuka sebaiknya lengkapi dengan penutup. Begitu juga kalau ban dalam kondisi terlepas dari sepeda motor/mobil, gunakan sarung penutup agar terhindar dari sinar matahari dan cahaya lampu langsung.

Berikutnya adalah hindari kontak langsung dengan lantai. Tujuannya untuk menghindari terjadinya kontak langsung dengan bensin, minyak tanah atau pun bahan kimia yang secara tidak sengaja tumpah dan mengenai ban.

Kalau ban dalam kondisi tidak terpasang tinggal diberikan tatakan di bawahnya agar tidak kontak langsung dengan lantai. Dan bila ban masih terpasang di motor/mobil? Sebaiknya sepeda motor di posisikan berdiri dengan standar tengah dan posisi ban depan dibuat menggantung menggunakan dongkrak atau pengganjal berupa balok kayu.

Terakhir, khusus untuk ban yang tidak terpasang, yang perlu diperhatikan adalah penempatannya sebisa mungkin jangan ditumpuk ke atas. Tapi sebaiknya didirikan satu per satu. Kalau tertumpuk, ban yang paling bawah akan menanggung beban paling besar. Bentuk bannya bisa rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Sebaiknya memang didirikan satu persatu, yang penting rajin diputar agar sisi yang terkena beban selalu berubah dan merata.

Mudahkan?

Sumber : http://www.avanzaxenia.org/showthread.php?tid=1316

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>